Sensasi Nikmat Sate Ruji Motor di Sate Klathak Pak Pong Nan Legendaris di Bantul Yogyakarta

Sate Klathak Pak Pong
Halo Sam.. Kali ini review salah satu kuliner yang legend di Bantul Jogja yaitu Sate Klathak Pak Pong. Kenapa sih dinamakan sate klathak..?? Sate klatak awalnya gak pake bumbu. Cuma pakai garam. Pas dibakar kan bunyi 'kletek..kletek'. Dari situlah dinamakan sate ini sate klatak. Tapi sekarang penggunaan bumbu lebih lengkap ga hanya garam.

Daging kambingnya masih segar
Potongan daging jumbo di tusuk jeruji motor dan dibakar
Nah lanjut ke pengalaman kuliner ayas, tempatnya cukup luas, ada tempat duduk, lesehan, dan gazebo. Dapur bakarannya pun diletakkan di depan pinggir jalan, cukup menggoda yang mau masuk ke warungnya. Konon katanya kalau kesini harus nunggu hampir sejam lebih saking ramenya, untungnya ayas cuma nunggu setengah jam aja.
Bau bakarannya sungguh sedap menggoda
Gulenya juga menggoda
Ayas pesan sate biasa, sate klatak, dan tengkleng. Mulai dari star of the dish yaitu sate klathak, tampilan daging sate gendut ditusukin jeruji dari besi. Konon dengan penggunaan jeruji sebagai tusukan akan menghantarkan panas ke dalam daging, sehingga matangnya lebih merata. Jadi coba kita rasakan ya.. Rasa dagingnya gurih, agak asin, kalau dibilang empuk iya tapi sedikit nglawan juga tekstur dagingnya. Rasanya memang sederhana karena lebih dominan rasa asinnya.
Dua tusuk sate klathak dijamin bakalan kenyang
Empuk tapi juga masih dapet sensasi 'nglawan' nya
Untuk tengklengnya agak beda dengan tengkleng khas Solo, lebih kental dan pekat, rasanya gurih ada sedikit manis-manisnya, ditambah dagingnya empuk menempel diantara balungan kambing untuk dikorokoti.

Tengkleng yang nikmat
Pricingnya ternyata cukup terjangkau, 2 biji sate klathak cuma 24k dan tengkleng 29k. Dengan harga segitu dijamin makan berdua atau bertiga langsung kenyang.
Overall menurut ayas sate klathak ini memang wajib umak datengi sebagai kuliner khas Bantul, tetapi untuk rasa secara pribadi kurang masuk di selera ayas..😁😁



🍜 Sate Klathak (24.000) Tengkleng (29.000)
🏡 Sate Klathak Pak Pong Jl Imogiri Timur 10 Bantul Jogja
🌟 8.0/10 (versi ayas sam)

Comments