Rekomendasi Kuliner Legend Solo, Tengkleng pasar Klewer Bu Edi

Tengkleng Pasar Klewer Bu Edi
Halo Sam.. Kalau bilang Pasar Klewer apa yang akan umak pikirkan..? Batik? Daster? Kalau ayas jelas tengkleng Bu Edi Pasar Klewer. Kuliner yang melegenda membahana banyak di review dimana-mana, banyak yang bilang enak, ada juga yang bilang ada yang lebih enak dari Bu Edi, atau ada yang bilang overpriced. Tapi ayas sendiri merasa Tengkleng Bu Edi ini adalah olahan kambing yang sukses membuat ayas datang lagi untuk ketiga kalinya, hingga melanggar aturan ayas, ga boleh kulineran luar kota lebih dari dua kali di tempat yang sama.
Pasar Klewer
Jalanan Pasar Klewer yang padat
Gang pemukiman yang berubah menjadi area perdagangan batik
Setelah parkir di wilayah Museum Keraton Yogyakarta di jam 10.00 ternyata Tengkleng Bu Edi masih belum buka, akhirnya nyempetin jalan-jalan ke Pasar Klewer yang sempat terbakar di tahun 2014 dan beli batik di gang-gang sekitar Pasar Klewer.


Setelah puas berbelanja batik akhirnya ayas kembali melihat Tengkleng Bu Edi yang ternyata sudah mulai buka dan antriannya udah panjang sekali.
Kondisi waktu belum buka
Kondisi baru buka sudah antri
Ibu penjualnya duduk dikerubuti para pemangsa kambing yang antusias hehe. Didepannya terdapat 2 panci penuh tengkleng dengan aneka lauk dan balungan kambing yang menggoda diselingi dengan cabe yang dimasak utuh di kuah tengkleng.
2 panci penuh olahan tengkleng kambing
Setelah disetrap agak lama di depan bu penjualnya dan harus berjibaku dengan emak-emak yang nyela antrian akhirnya giliran ayas. Pilihan ayas tentu saja te ngkleng komplit plus otak kambing.
Penyajiannya menggiurkan
Cara penyajian yang langsung di depan pembeli memang berperan besar dalam membuat para pembeli foodgasm dan kalap, apalagi penyajiannya bukan di piring tapi di pincukan daun pisang. 
Menurut ayas ada beberapa aspek yang bikin tengkleng bu Edi juaraa. Pertama olahan kambing yang prengus kambingnya udah hampir lenyap. Jadi ketika makan tengkleng kembaingnya yang tersisa adalah kebaikan rasa dari kambingnya.
Aneka olahan daging dan organ kambing
Kedua pilihan bagian kambing lengkaaap, ada balungan, otak, kikil, mata kambing, jeroan, dan daging-dagingan kambing. Yup.. More is better.. 😍
Tengkleng komplit plus otak kambing
Ketiga kuahnya seger banget, karena kebanyakan olahan kambing pekat dan tebal, disini ringan dan segar.. Mentolo nyucup kuahnya.
Keempat udah kuah dan isiannya killin' eh ditambah cabe2an yang abang mbranang, bikin pedes nyosss, makin lengkap.
Disajikan diatas daun pisang
Kelima.. Seperti ayas sebut di awal, yaitu penyajian dengan pincukan daun pisang, selain menambah efek hijau yang menyegarkan saat tengkleng disajikan, ayas percaya daun pisang menambah aroma harum dan menambah sedap saat tengkelng disantap. 
Masuk ke segi harga memang sedikit pricey, untuk tengkleng biasa 30k dan yang komplit 50k. Tapi kalau udah jauh-jauh dari luar kota, ngantri lama terus dapat rasa enak, menurut ayas harga ini masih sepadan.
Overall kalau umak ga percaya review2, "aah boong nih, mentang-mentang legend dienak2in.." Percayalah tengkleng Bu Edi ini 'worth every penny' dengan semua pengalaman antrinya, desek-desekan, dan akhirnya makan tengkleng yang nikmat ini sam...👍👍



🍜 Nasi Tengkleng biasa (30.000) Nasi Tengkleng komplit (50.000)
🏡 Tengkleng Pasar Klewer Bu Edi depan Pasar Klewer Solo
🌟 8.5/10 (versi ayas sam)

Comments

Popular Posts