Soto Ayam Kampung Bu Pur Pucangrejo Madiun, Kembaran Soto Ndeso Bu Wartinah yang Legend

Soto Ayam Kampung Bu Pur
Halo Sam.. Buat orang Madiun pasti banyak tahu dengan kuliner legend Soto Ndeso Bu Wartinah, saking terkenalnya di kantor ayas pun saat akan menjamu tamu dari luar kota, soto ndeso ini jadi jujugan wajib. Tapi Soto Ndeso ini bukanya sore hari hingga habis, saat siang hari kepengen soto ndeso pastinya agak kesusahan.
Tampak depan warung Soto Bu Pur
Dan sekarang ada alternatif soto ndeso di siang hari ada alternatif, yaitu Soto Ayam Kampung Bu Pur di Pucangrejo Sawahan Madiun. Tempatnya ga jauh-jauh dari Bu Wartinah, kalau Bu Wartinah di daerah Rejosari kalau Bu Pur di daerah Pucangrejo. Dan usut punya usut ternyata emang Bu Pur ini adik dari Bu Wartinah, makanya dari rasa dan penyajian podo plek alias sama saja.
Soto khas orang mantu
Soto dengan penyajian ala soto orang mantu, bening dengan suwiran ayam kampung, bihun, seledri dan kecambah pendek. Rasanya..? Identik banget dengan Soto Ndeso, sueger ga kerasa berminyak, daging ayam kampungnya empuk sedikit kenyal.


Tambah lauk kepala
Kulit dan lemaknya tebal
Ayas sendiri nambah kepala ayam, kepala ayam kampung ukuran jumbo, disajikan dalam piring tersendiri beserta kuah dan dipotong-potong. Kulitnya tebal dan enak. Ada sedikit lemak antara daging dan kulit yang bisa jadi sedap atau bisa jadi too much buat sebagian orang.
Tusukan daging ayam yang mirip Bu Wartinah
Asyik milih-milih yang ada jeroan diantara daging ayam
Terus ga ketinggalan tusukan daging ayam kampung beserta jeroan, mau uritan tapi selalu keabisan. Tusukan ayam dengan isian daging dan diselingi jeroan ayam. Ada sensasi sendiri saat memilih tusukan dengan bagian jeroan paling banyak.. 😁
Kacang goreng dibungkus kerucut, old fashioned way
Di Madiun, Soto dengan toping kacang goreng itu umum
Lehh ugaa
Ada juga kacang goreng yang dibungkus kertas bentuk kerucut. Old fashioned tapi memorable kaya jaman ayas kecilan makan kacang di acara ludruk atau layar tancap. Sejujurnya waktu awal masuk Madiun berasa aneh, soto pake toping kacang, eh lama-lama berasa enak juga dikasih taburan kacang, menambah gurih-gurih renyah gitu.
Umak team nambah porsi atau nambah lauk?? 
Untuk harga sotonya juga cuma 8k dan tusukan daging dan kepala ayam cuma 4k sam. Yang pasti kalau ke Bu Pur ini ayas bakal liat 2 macam orang, yaitu yang ngabisin 2 piring soto, atau ngabisin 1 piring soto tapi ngabisin sepiring tusukan daging ayamnya. Kalau ayas tipe yang kedua, sotonya sepiring tapi tusukannya abis 6 biji sendiri haha. 
Overall menurut ayas Soto Ayam Kampung Bu Pur ini bener-bener anugerah buat ayas yang lagi ngidam Soto Ndeso Bu Wartinah tapi lagi males keluar malam, siang tinggal cuss ke Pucangrejo.. ..😁😁



🍜 Soto Ayam Kampung (8.000) Tusukan (4.000)
🏡 Warung Soto Ayam Kampung Bu Pur Madiun
🌟 8.5/10 (versi ayas sam)

Comments