Lontong Kikil Dautah Magetan, Sensasi Olahan Lontong dan Kikil Secara Tradisional

Lontong Kikil Dautah Magetan
Halo Sam.. Kali ini ayas akan review kuliner Magetan yang termasuk legend, yaitu lontong Kikil Dautah di Magetan, ayas kebetulan sudah 2 kali nyobain ke tempat ini karena sepertinya ayas terlalu jatuh cinta untuk menabrak aturan yang ayas buat sendiri, "hunting kuliner luar kota ga boleh di satu tempat yang sama 2 kali".
Walau masuk gang tapi banyak dicari pemburu kuliner
Kontak yang bisa dihubungi
Lontong kikil Dautah ini udah buka sejak tahun 1998 dan masih menjadi jujugan pencinta kuliner walaupun blusuk ke daerah Dautah dan masih masuk gang. Tepatnya kalau umak dari Alun-alun Magetan sekitar 2 kilometer menuju selatan hingga sampe Kantor kelurahan Ringinagung, nanti masuk ke kiri ke daerah Dautah, atau bisa tanya penduduk sekitar.


Cara masak secara tradisional dengan memakai tungku dan kayu bakar
Bau harum kuahnya menyeruak antara bau khas kayu bakar

Lontongnya juga masih dibungkus dengan daun pisang
Selain terkenal legendaris ibu penjualnya juga ramah banget, bahkan ayas diperbolehkan menengok dapur tempat masak kikil dan lontongnya. Uniknya Lontong kikil ini masih mempertahankan tradisi lama dengan masak memakai kayu bakar di atas pawon. Bau khas kayu bakar dan asapnya menyeruak berpadu dengan harumnya kuah kikil pedas. Oh ya di sini menyediakan 2 menu pilihan yaitu lontong kikil sapi dan lontong kikil kambing.
Kikil pedas dan lontong
Awalnya ayas tertarik nyobain kikil kambingnya tapi karena kosong (dan ternyata info temen ayas kalau kikil kambing lebih dominan tulang) akhirnya ayas pesen lontong kikil sapi. Penyajiannya di piring terpisah antara lontong dan kikil sapinya. Lontongnya padat tapi lembut, dan karena dari awal masak ayas lihat pembungkusnya masih dari daun pisang menurut ayas juga menambah rasa sedap dan wangi di lontongnya. Penampakan kuah kikilnya coklat pekat dan pedasnya itu soft di awal tapi ujung-ujungnya kerasa nampol pedasnya, buat penggemar pedas pasti cocok. Kikil sapinya banyak dan mrupul empuk, hampir ga perlu usaha untuk ngunyah.
Kuahnya kental dan kikilnya empuk
Yang khas disini itu kikilnya dimasak pedas tanpa santan, karena kebanyakan yang ayas coba lontong kikil biasae dari santan jadi berwarna coklat kekuningan. Terus kalo tanpa santan kentalnya darimana dong..? Rasa kental yang ada di kuah kikil ini karena sering dihangatkan di atas tungku panas, jadi kaldu dari sumsum tulang kaki sapi itu mengental menyeruak di kuahnya (bisa bayangin sedepnya kan..😍).
Wajib dicoba saat di Magetan
Untuk harganya sepiring juga ga bikin kantong bolong cuma 14k aja pasti dah kenyang dan udah ngerasain gobyos kepedesan.
Overall walau tempatnya agak jauh dan blusuk hingga masuk gang, lontong kikil ini rekomen banget buat pemburu kuliner di Magetan, apalagi buat umak yang penggila kikil sam....👌👌



🍜 Lontong Kikil Sapi (14.000)
🏡 Warung Kikil Dautah Desa Dautah (buka 09.30 - habis) Magetan
🌟 8.5/10 (versi ayas sam)

Comments

Popular Posts