Nasi Babat Cak Yasin Surabaya, Menikmati Babat Goreng yang Sukses Bikin Ketagihan

Nasi Babat Cak Yasin
Halo Sam.. Kuliner Surabaya identik dengan olahan bebek, lontong balap, dan rawon. Nah selain itu ada lagi kuliner yang jarang ditemui di tempat lain selain di Surabaya, yaitu nasi babat. Nasi babat banyak bertebaran hampir di setiap sudut kota pahlawan ini. Nah ayas berharap bisa banyak mengeksplor kuliner nasi babat ini, selain memang banyak warung-warung legend yang berjualan nasi babat, ayas sendiri adalah penyuka babat dan kawan-kawan. Perburuan episode pertama nasi babat ini dimulai dari Nasi Babat Cak Yasin.


Penampakan Warung Babat Cak Yasin
Nasi Babat Cak Yasin berada di Jl. Dukuh Kupang 25 Surabaya. Warungnya berupa tenda kaki lima yang menyediakan tempat duduk dan lesehan. Pertama datang keliatannya banyak anak muda yang ramai menikmati duduk lesehan bersama dengan teman, sedangkan area tempat duduk didominasi oleh keluarga dan beberapa muda mudi yang berduaan dengan pacarnya.
Banyak keluarga dan pasangan muda mudi yang memilih spot tempat duduk
Kalau yang lesehan banyak muda mudi bersama dengan teman-temannya
Oh ya metode pesannya pun dibagi menjadi 2, untuk pembeli makan di tempat (dine in) bisa mencari tempat duduk dan langsung pesan, sedangkan untuk yang beli untuk dibawa pulang (take away) harus rela antri agak panjang. Meski begitu jangan khawatir pelayanannya cukup cepat, jadi pengalaman ayas ga sampe 10-15 menit sudah dilayani.
Antrinya lumayan kalau mau beli dibungkus
Sembari menunggu pesanan ayas melihat proses penggorengan babatnya. Sejujurnya waktu awal sampe ayas mencium sedikit bau khas babat waktu sebelum masuk penggorengan, jadi sempat khawatir juga, ah jangan-jangan rasa babatnya masih ada bau khas babat yang bikin kurang nikmat, tapi mari kita bahas nanti di bagian rasa.
Babat dan jeroan yang siap digoreng
Siap dimasukkan ke penggorengan
Sebelum dimasukkan penggorengan babat, usus, paru dkk terlihat tampak bener-bener udah di-marinated, terlihat basah dan diselimuti bumbu rempah-rempah berwarna kekuningan. Setelah itu dimasukkan ke penggorengan, digoreng, dan ditiriskan dengan kondisi tidak terlalu kering. Tinggal ditaruh di nampan lagi untuk disajikan bersama nasi sambal dan lalapan.

Siap ditiriskan
Bagian untuk makan di tempat
Bagian untuk beli bungkus
Untuk menu ayas pesan satu porsi nasi babat dan satu porsi babat tanpa nasi. Penampakan nasi babatnya ini simpel sekali, nasi diberi beberapa potong babat dan usus, disiram sambal tomat mentah dan lalapan.
Nasi babat yang udah siap dimakan
Ada dua pertanyaan membayang di benak ayas sesaat sebelum mencoba yaitu sesimpel ini penampakannya koq bisa rame dan apakah sedikit bau khas jeroan sebelum digoreng akan muncul di taste babatnya.
Moment of truth saat ayas coba ternyata babatnya melted banget, ga perlu usaha keras udah bisa kebelah pake tangan. Saat ayas gigit langsung deh ayas manggut-manggut, berasa banget cita rasa asin dan gurih khas olahan Madura, tekstur
Kalau udah di atas meja kaya gini udah lupa yang pain, pokoknya nakamm!!
Babatnya empuk dan moist. Buat beberapa orang penyuka cita rasa manis mungkin nasi babat ini sedikit terasa asin, tapi buat ayas disinilah kekuatan gurihnya muncul,  ditambah dicocolin sambal dan ambil satu pulukan nasi anget, serius ini kenikmatan yang tiada tara.
Babatnya oily dan moist
Satu porsi langsung habis tak bersisa, untunglah di awal ayas udah pesan seporsi babat tanpa nasi, lanjut deh nggado babat yang gurihnya ga ketulungan.
Tambahan babat satu porsi tanpa nasi, digado enak benerr
Secara harga di Nasi Babat Cak Yasin ini juga cukup terjangkau, cukup 16 ribu umak bakal ngerasain nasi babat yang menggoyang lidah dan membuat kepala manggut-manggut.
Overall kalau umak suka cita rasa makanan pedas asin dan ga takut kolesterol,  Nasi Babat Cak Yasin ini sumpah enak dan rekom banget dicobain. Ayas aja dua minggu berturut-turut bela-belain Madiun-Surabaya demi menikmati nasi babat juara ini..👍👍



🍜 Nasi Babat Cak Yasin (16.000)
🏡 Nasi Babat Cak yasin Jl. Dukuh Kupang No. 25 Surabaya
🌟 8.5/10 (versi ayas sam)

Comments

Popular Posts