Pesona Durian Jingga yang Cantik Dipandang dan Kalem di Lidah

Durian Jingga
Halo Sam.. Musim durian udah mulai berlalu, kalau kata orang durian yang sekarang ini adalah sisa-sisa panen dan hasil matang ngimbu (diperam), tapi karena pas di Kare yang notabene banyak penjual duriannya akhirnya runtuh pertahanan diri.
Kebetulan pula ada yang jual durian jingga (oranye) akhirnya beli lah satu biji durian jingga ini dan sekalian ayas bahas di artikel ini.


Durian jingga ini merupakan durian dengan bentukan lebih lonjong dari durian lokal dan daging buahnya berwarna oranye yang terlihat cantik dan menggoda. Kalau bicara durian jingga ini bukan monopoli daerah Kare Madiun, karena di beberapa tempat ada julukan sendiri untuk durian jingga ini.
Bentuk buah cenderung lonjong
Di Kalimantan Timur, durian ini diberi nama pekawai, lay, atau lai. Masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah menyebutnya pampaken atau pampakin. Orang Serawak menamai buah ini dengan nyekak dan sebutan pulu diberikan orang Brunei. Di Banyumas disebut juga Chani. Di Gunung Kidul disebut Kencono Rukmi, atau ada info lagi sebutan untuk durian ini sam?
Kalo kata penjualnya durian ini aman buat penderita darah tinggi dan kolesterol, baunya pun tidak terlalu menyengat. Beberapa kali ditawarin sepertinya hal ini selalu jadi nilai jual durian jingga ini.
Kulit buah lebih tipis dan daging buah lebih banyak
Pas dibuka amazing juga warnanya bener-bener oranye tua, tekstur buahnya empuk tapi lebih kering dari durian lokal. Pas dimakan memang ga jeteh-jeteh di tangan, rasanya ga menyengat ke lidah, sekilas teksturnya kaya makan ubi rebus, dan ga seberapa manis dibanding durian lokal.
Harganya lebih mahal daripada durian lokal, dengan range harga 50k-80k (Harga tanpa tawar di Kare). Mungkin di kota umak bisa lebih mahal atau malah lebih murah.
Warna jingganya cantik..😍
Overall durian ini cukup unik dan secara tampilan menarik dengan warna daging oranye tuanya, walaupun secara rasa dan bau soft banget sepertinya mengkompensasi klaimnya yang aman buat kolesterol dan darah tinggi. Well ayas pribadi masih lebih cocok dengan durian lokal yang rasanya lebih hardcore.. 😁😁



🍜 Durian Oranye (50.000-80.000)
🏡 Kare Madiun
🌟 8.0/10 (versi ayas sam)

Comments

Popular Posts