Soto Sor Seri Jalan Kelud Blitar, Hall Of Fame Kuliner Soto Blitar

Soto Ayam Kampung Sor Seri
Halo Sam.. Blitar memang ga punya tradisi kuliner soto seperti Kota Lamongan atau Kota Madura, tapi Blitar ini surganya soto enak loh. Pasti ada yang tanya loh koq bisa..?
Jadi selama di Blitar, ayas punya banyak langganan soto yang kesemuanya selalu bikin ketagihan, ada Soto Daging Bok Ireng, Soto Simpang Lawu, Soto Lamongan Cak Di, Soto Lancar, Soto Lembu Mayar, dan soto yang akan kita bahas di artikel ini, yaitu soto Sor Seri Pak Thohari.
Soto di Blitar dengan tambahan kecap yang membuat manis kuahnya
Rata-rata soto di Blitar ini adalah soto Madura dan soto Lamongan, walaupun begitu setiap soto yang ayas cobain selalu punya ciri khas sendiri dan satu lagi yang jadi ciri yang umum, yaitu rata-rata kuah dengan tambahan kecap sehingga bercita rasa manis.


Tampak depan Soto Sor Seri
Tampak samping Soto Sor Seri
Lanjut bahas tentang Soto Sor Seri yang berada di perempatan Jl Kelud (berseberangan dengan soto bok ireng) Blitar, soto ini salah satu soto legendaris di Blitar. Kalau kesini harus siap antri dan makan cepet-cepetan dikarenakan yang antri nunggu juga banyak.😁
Warungnya agak kecil 
Selalu antri dan rame
Disebut soto Sor Seri Pak Thoari karena warungnya di Pojokan perempatan Jl Kelud Blitar ini berada di bawah pohon talok / kersen (sor seri). Warungnya ga begitu besar dengan cat dominan biru.
Terakhir hari sabtu kesini lumayan rame banget, untungnya masih dapet tempat duduk.
meracik soto
Soto dengan tambahan kecap
Ayas pesan soto ayam kampung dengan tambahan lauk telur. Setelah menunggu ga seberapa lama akhirnya soto pesenan ayas datang. Soto di sor seri menggunakan mangkok tanggung (beberapa soto legend di Blitar pake mangkok kecil) dengan porsi yang menurut ayas paling pas, karena ga perlu nambah karena kurang porsi atau kekenyangan karena kelebihan porsi.
Soto dengan mangkok tanggung
Dengan tambahan koya bikin makin gurih
Basic sotonya adalah soto Madura dengan bumbu kuah kuning, suwiran ayam kampung, soun, irisan kubis, kucai, kecambah, dan koya. Nah tambahan koya ini yang bikin ayas antusias karena kuah sotonya yang gurih dan agak manis karena tambahan kecap, dengan tambahan koya rasa kuahnya lebih kental dan angklek. Apalagi untuk mengkompensasi porsi mangkok tanggungnya ditambah telur rebus satu biji yang dibelah dua, wareg deh.
Jangan lupa nambah kerupuk pink yang nikmat ini
(Kayae cuma ada di Blitar 😁)
Harganya juga cukup bersahabat buat kantong, cukup Rp 10 ribu semangkok. Sayangnya satu sih, penjuale kadang kurang ramah klo pas rame..😅
Overall soto ayam Sor Seri ini rekomen banget buat umak kalau di blitar, rasanya enak, murah, legend, dan aksesnya juga gampang dicapai di Kota Blitar....👌👌



🍜 Nasi Soto Ayam (10.000) tambah telur (2000)
🏡 Warung Soto Sor Seri Jl Kelud dekat perempatan (seberang soto Bok Ireng) Blitar
🌟 8.5/10 (versi ayas sam)

Kuliner Blitar

Comments

Popular Posts