Soto Bok Ireng, Kuliner Soto Legendaris Blitar


Halo Sam.. Membahas kuliner Blitar tentu ga afdhal kalau ga membahas Warung soto Bok Ireng. Kuliner satu ini juga menjadi salah satu kuliner terfavorit selama menjadi orang Blitar ( Yay KTP ayas sekarang resmi menjadi KTP Blitar). Berada di pojokan perempatan lampu merah Jalan Kelud Blitar, tempatnya selalu ramai pengunjung walaupun untuk parkirnya agak susah karena berada di pojokan lampu merah.


Mbah Penjual
Tempatnya juga agak kecil, dengan beberapa bangku di luar ruangan dan ruangan dalam bersama mbahnya yang jualan. Tapi kalau beli soto ga rekom buat makan di dalem satu ruangan ma mbahe, karena panas dan sumuk banget, maklum disini masak sotonya masih pakai kayu.
Soto Bok Ireng dengan mangkok mungil
Satu porsi soto bok ireng ini cukup unik, karena menggunakan mangkok mungil. Buat yang suka makan besar pasti satu bakalan kurang, bahkan pakpo ayas kalau mudik daribali bisa habis 4 mangkok soto dalam sekali makan. Kalau ayas sendiri cukup satu porsi soto.. dan satu mangkok soto dengan lauk aja tanpa nasi.
Paling suka kalau dapet usus dan hati sapi
Soto Bok Ireng ini rasanya menurut ayas khas banget dan susah dicari dengan cita rasa serupa di kota lain. Soto daging dengan campuran jeroan (paling suka kalo dapat tambahan usus dan hati sapinya.. hurrayyyy.. 😍), kuah cenderung manis dan tambahan kucai, sedikit taburan kelapa parut, dan kecambah yang bikin krenyes-krenyes nikmat. Oh ya satu lagi seperti yang ayas sebut tadi soal kayu bakar, rasa sedap kuah soto juga ikut disumbang dengan penggunaan kuali tanah liat dan kayu bakar saat masak kuah sotonya.
Kuali dan kayu bakar yang bikin khas 
Untuk video review bisa di klik link video di bawah ini..
Nah the moment of truth untuk kesempurnaan kuliner tentu saja saat bayar, apakah rasa yang enak ini harus dibayar mahal, sepadan atau malah murah. Dan menurut ayas harga satu mangkok yang hanya Rp 10.000 itu sudah sangat sepadan dan cenderung ke arah murah.
Overall lengkap sudah list untuk merekomendasikan warung soto Bok Ireng menjadi salah satu jujugan wajib kuliner di Blitar. Jangan lupa mampir ke Warung Soto Bok Ireng legendaris ini ya sam.

Comments

Popular Posts