Pasar Mangga Banyakan Kediri, Surga Pecinta Buah Mangga

Mangga Pasar Banyakan
Halo Sam.. Kali ini ayas mau membahas soal mangga di Pasar Buah Banyakan Kediri. Nah sebelum membahas mangga Pasar Banyakan lebih lanjut mari membahas informasi tentang varietas mangga di Kediri, siapa tahu bisa jadi informasi yang berguna.
Sumber duta.co
Kediri merupakan salah satu sentra produksi mangga di Propinsi Jawa Timur. Varietas mangga yang banyak terdapat di Kabupaten Kediri adalah mangga podang. Sentra produksi mangga podang terdapat di Kecamatan Semen, Banyakan, Grogol, Tarokan dan Mojo.


Podang lumut dan podang nanas yang berwarna semu hijau. Sumber rachmanmango.blogspot.com
Terdapat tiga varietas mangga Podang asal Kediri, yaitu Mangga Podang Urang (warna kulit buah merah oranye rasa buah manis-segar), Mangga Podang Lumut ( Warna kulit buah kuning kehijauan, rasa buah manis-agak asam), Mangga Podang Nanas (warna kulit buah kuning, rasa buah manis dengan highlight asam). Dari ketiga varietas tersebut yang paling menarik penampilannya dan enak rasa buahnya adalah Mangga Podang Urang.
Podang urang dengan warna kuning semu oranye
Nah kembali lagi ke topik, kebetulan pada 19 November kemaren jemput orang tua di Kediri dan liat hingar bingarnya orang berjualan mangga di Pasar Banyakan Kediri dan di pinggir jalan radius 1 km an sebelum dan sesudah Pasar Banyakan. Keliatannya bulan November ini lagi musim panen, jadi selain hingar bingar juga harga yang ditawarkan miring banget.
Mbah pedagang di Pasar Banyakan ramah banget
Dan yang banyak dijajakan oleh para pedagang mangga disini adalah mangga podang urang dan beberapa juga ada mangga gadung. Ayas sendiri memilih pwdagang di bawah gapura pasar, harga yang ditawarkan Rp 6000 / kilo untuk mangga baik untuk podang urang dan mangga gadung. Harga itu belum nawar ya sam, kalau umak pinter nawar bisa jadi bisa kena dibawah Rp 5000 sekilo.
Mangganya segar dan manis
ga pengen..?
Untuk rasa podang urang enak, manis, dan emang warna khasnya yang semu-semu oranye bikin cantik tampilannya jadi pengen borong sekarung tuh mangga. Mbah penjuale juga jujur banget, milihkan podang sesuai selera pembeli, mau minta manis bisa, minta ada sedikit asam biar seger juga bisa.
Overall di Pasar Buah Banyakan pasti surga buat pecinta mangga, umak bisa milih mangga model gimana aja dengan harga murah kebangetan, jadi wajib mampir kesini ya..👌👌

Comments

Popular Posts