Es Pleret Khas Blitar, Es Nikmat yang kian Langka

Halo Sam.. Buat umak yang asli Blitar atau tinggal di Blitar pasti familiar dengan es pleret. Buat ayas sendiri mengenal es pleret sejak tahun 2012 waktu pertama kali menginjakkan kaki di bumi Patria. Es pleret adalah minuman dari pleret, santan, dan gula cair. Pleret sendiri adalah adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Pleret disiram dengan santan dan gula, dan seringkali ditambah es agar lebih nikmat dan segar



Oh ya kalau di Blitar es pleret merupakan salah satu jajanan khas Blitar tapi di beberapa tempat seperti di Solo dan Jakarta sebenarnya mempunyai jajanan yang serupa tapi dengan nama es gempol. 
Pleret seringkali diwarnai merah dan putih

Kembali membahas es pleret Blitar, di Blitar penjual es pleret saat ini memang ga terlalu banyak dan mulai langka. Nah salah satu daei sedikit penjual es pleret favorit ayas adalah es pleret Bu Sri di Jalan Musi Blitar. Bu Sri ini berjualan di gerobak di ujung pertigaan jalan, jadi kalau dari Kota Blitar gampang untuk dicari.
Es Pleret disini enak banget menurut ayas, penyajiannya dimulai dari memasukkan plereg ke dalam gelas, terus dikasih gula dan dipenyet-penyet, sehingga gulanya bisa meresap ke dalam pleret, terus dikasih dawet (cendol) dan kuah santan. Nah efek dari pleret yang dipenyet-penyet tadi ketika pleret dimakan otomatis kerasa pleret yang kenyol-kenyol diluar dan meledak rasa manis dari gula yang meresap tadi. Rasa kuah santannya juga pas dan paling penting tambahan es batunya higienis sehingga tiap minum disini ayas ga pernah sampe pilek (karena biasae ayas agak sensitif sama 'es-es' an). Harga yang ditawarkan di Es Pleret Bu Sri pun sangat murah, per gelas es pleret cukup dibayar dengan uang Rp 3 ribu saja.

Pleret yang dimasukkan terlebuh dahulu dan dipenyet bersama gula



Ditambah cendol



Kuah santan segar



Es pleret siap dinikmati


Sensasi ngunyah pleret ini yang tiada duanya


Overall ayas rekomendasikan buat umak-umak buat nyobain es pleret selain rasanya yang enak dan unik juga untuk menjadi bagian cerita kuliner khas Blitar umak semua.

Comments

Popular Posts